Monday, November 4, 2013

Tempat Wisata di Malang dan Batu



Kota Malang, adalah kota di provinsi Jawa Timur yang mempunyai banyak Tempat Wisata Menarik yang wajib untuk dikunjungi. Kota ini terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh 4 gunung (Gunung Kawi, Arjuno, Semeru, Kelud) sehingga membuat suhu udara sejuk dengan suhu rata-rata berkisar antara 22,2 °C – 24,5 °C. Selain itu Kota ini Juga disebut sebagai kota Pendidikan karena terdapat sejumlah perguruan tinggi ternama, misalnya : Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dll. 

Sedangkan Kota Batu merupakan sebuah Kota yang berbatasan langsung dengan Kota Malang. Kota Batu juga terletak di daerah dataran tinggi yang memiliki panorama alam yang indah serta udara yang sejuk. Tak ayal jika mulai abad 19, Kota Batu telah menjadi tujuan wisata. Terdapat banyak Tempat wisata di Malang dan Batu, mulai dari Tempat Wisata Pantai di malag, pegunungan, candi, perkebunan, air terjun, taman rekreasi, water park dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu saya mencoba menyajikan beberapa obyek wisata di Malang dan Batu yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk Wisata pantai di Malang kita bisa mengunjungi :

Wisata Pantai di Malang dan Batu



1. Pantai Balekambang


Tak hanya di Tanah Lot Bali yang mempunyai Pura diatas sebuah batu karang. Di Malang juga terdapat pura sepertin itu, tepatnya di pantai Balekambang.  Pantai Balekambang terletak di wilayah Kelurahan Wonogoro, Kecamatan Bantur.


2. Pantai Ngliyep



Pantai Ngliyep berada di wilayah paling barat dari garis pantai Kabupaten Malang. Pantai Ngliyep merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang terletak di Kecamatan Donomulyo. Jalan menuju ke lokasi pun sudah lancar dengan kondisi jalan kabupaten yang telah dibangun sampai ke bibir pantai. Pantai ini termasuk pantai yang sepi pengunjung. Untuk itu keindahan dan kebersihan pantai ini masih cukup terjaga daripada di pantai Balekambang.

Selain dua pantai diatas terdapat beberapa pantai lain seperti :
  • Pantai Jembatan Panjang (Terletak di desa Sumberbening)
  • Pantai Wonogoro (terletak di Kelurahan Wonogoro, Kec. Bantur)
  • Pantai Sendangbiru (terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan)
  • Pantai Tamban (Sebelah pantai sendangbiru, desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan)
  • Pantai Bajul Mlati (terletak di Kec. Gedangan 58 km selatan kota Malang)
  • Pantai Lenggosono (terletak di Desa Purwodadi Kec. Tirtoyudo)
  • Pantai Jonggring Saloko (terletak desa Mentaraman Kec. Donomulyo, berjarak 69 km dari pusat kota Malang)
  • Pantai Goa Cina ( terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan)
  • Pantai Sipelot (Teluk Sipelot, Desa Pujiharjo Kec. Ampel Gading)
  • Pantai Licin (Kec. Ampelgading)
  • Pantai Kondang Merak (Kec. Bantur)
  • Pantai Jelangkung / Ojo Liwat
  • Pantai Wedi Awu


Sedangkan wisata pendidikan dan rekreasi di Malang dan Batu diantaranya :

Wisata Pendidikan dan Rekreasi

1. Jawa Timur Park 1 ( Jatim Park 1)


Jika di Jakarta mempunyai ancol, Di malang terdapat Jatim Park. Jatim Park adalah sebuah tempat wisata baru di daerah Kota Batu. Terdapat berbagai macam wahana edukasi dan rekreasi yang dapat kita coba. Jatim Park 1 ini beralamat di Jalan Kartika No. 2 Kota Batu. Yaitu sekitar 20 Km dari pusat kota Malang.  Luas 11 H dan berada di lereng gunung Panderman (850 dpl) membuat udara terasa sejuk dan menyegarkan. (lihat google maps)

Terdapat berbagai macam wahana permainan dan belajar yang layak untuk di coba seperti Science Stadium, miniatur peristiwa sejarah,  Prehistorical Scene, 3D Ghost Haunter, Bioskop 3D, Aero Test, Ulat Coaster, Mini Train, Flying Tornado dll. Jatim Park 1 ini buka dari jam 08.30 – 16.30 WIB.


2. Jawa Timur Park 2 (Jatim park 2)


Jika Jatim Park 1 lebih mengutamakan wisata pendidikan dan rekreasi, Jatim Park 2 mengusung konsep perpaduan wisata alam, satwa dan rekreasi. jatim Park ini masih berada di bawah pengelolaan Jawatimurpark Group. Area Wisata ini lebih luas daripada Jatim Park 1 yaitu seluas 24 Ha. Lokasi Jawa Timur Park ini berada di Jalan  Oro-oro Ombo no.9, Kota Batu. (lihat google Maps)
Teradapat Museum Wisata yang bangunannya bercorak eropa, Batu Secret Zoo, Giant Wheel, tea cup, Hotel Pohon inn dan berbagai wahana permainan lain. Tempat Wisata ini buka dari jam 10.00 – 18.00 WIB.

3. Eco Green Park


Terlihat dari namanya Eco Green park nerupakan wisata yang mengusung konsep alam dan pelestariannya. Eco Green Park masih dalam satu kompleks dengan Jatim Park 2. Disini kita akan melihat berbagai replika binatang yang terbuat dari barang barang elektronik yang tidak terpakai dan juga melihat berbagai macam burung, rumah terbalik, jungle advanture dan masih banyak lainnya
Selain 3 Tempat wisata malang diatas, terdapat wisata rekreasi lain di Malang dan Batu diantaranya
  • Selecta ( Taman Bunga dan Waterpark)
  • Pemandian Wendit
  • Alun-alun Kota Batu
  • Batu Night Spectacular (BNS) Wisata taman lampion di Malang. 



Di Batu Night Spectaculer (BNS) ini kita tak hanya melihat lampion yang indah. Kita juga bisa menikmati permainan yang menegangkan seperti Mouse Coaster, Kids Zone, Play Ground, Flying Swinger, Disco Bumper Car, Aero Test, Rumah Hantu, Berburu Hantu, Cinema 4D, Sepeda Udara, Lampion Garden, Banji Trampolin, Ali Baba, Banju Trampolin, Trampolin.




Untuk yang ingin berwisata alam di Malang dan Batu kita dapat mengunjungi tempat wisata berikut ini

Wisata Alam di Malang dan Batu

  • Kusuma Agro Wisata ( Wisata petik buah apel, jeruk,  jambu merah, buah naga dan sayur)
  • Songgoriti (Pemandian air hangat, paralayang, wisata pegunungan)
  • Air Terjun Coban Rondo
  • Air Terjun Coban Pelangi
  • Teh Wonosari Agrowisata ( Wisata perkebunan teh)
  • Waduk Karang Kates


Dan untuk yang ingin belajar sejarah kita bisa mengunjungi Candi candi yang tersebar di Wilayah Malang dan Kota Batu seperti Candi Singosari, Candi Kidal, Candi Badut, Candi Jago.



Untuk wisata kuliner di Malang kita bisa mencoba ke Kawasan Payung. Di Payung kita akan ditemani oleh deretan warung makanan dan minuman ringan sambil melihat keindahan Malang dari atas bukit.
Itulah daftar obyek / tempat wisata di Malang dan Batu Jawa Timur. Segera rencanakan liburan bersama keluarga. Bagi yang ingin berlibur ke Malang dan Batu dengan pesawat terbang  ada baiknya membaca tips mendapatkan tiket pesawat murah  dan tips menghindari ketinggalan pesawat. Selamat berlibur kawan!!



0 comments:

Post a Comment